Dongeng Wayang Kancil dengan cerita – “Kancil dan Siput” – “Kancil and The Snail in Racing”

wayang kancil - sri wisnu

Tim dari Balai Budaya Minomartani berusaha untuk menyuguhkan cerita binatang yang yang ada di pulau jawa. Dengan menggunakan media “Wayang Kancil” tim menyuguhkan cerita binatang yang ada di dalam buku Serat Kancil Saloka Darma ke dalam Pakeliran Wayang Kancil.

Video Dongeng Wayang Kancil berdurasi antara 10 – 20 menit. Menggunakan media Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Disuguhkan dengan Wayang terbuat dari kulit dan kertas karton, gawangan kelir, kelir, lampu blencong, batang pohon pisang, dodogan, kotak wayang, kepyak, dan diiringi dengan musik digital yang diambil dari gamelan jawa.

Dongeng Wayang Kancil dengan mengambil cerita “Kancil dan Siput Balapan Lari.” Dongeng ini diambil dari Dongeng Binatang Serat Kancil Saloka Darma. Dongeng Wayang Kancil ini disajikan menggunakan Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle berbahasa Inggris.

Ringkasan Cerita:

“ … Perjalanan Kancil di Alas Gebang Tinatar sampai di tepi sungai. Karena haus, Kancil minum air sungai. Tiba-tiba tanpa sengaja seekor Siput muncul. Kancil merasa sombong akan dirinya yang berparas elok, memiliki sifat cerdik, dan bisa berlari dengan cepat. Karena dihina, Siput menentang Kancil untuk balapan lari. Kancil menerima tantangan Siput. Keesokan harinya Kancil dan Siput balapan lari. Dengan kecerdikannya, Siput bisa mengalahkan Kancil. Sesuai kesepakatan akhirnya Kancil mengakui Siput sebagai guru nya. Akhirnya Siput memberikan nasihat hidup kepada Kancil … “

Lihat Video nya KLIK Link dibawah

Dongeng Wayang Kancil - Kancil Balapan Lari Dengan Siput

“ … Kancil journey drives him to a river. Kancil feels thirsty and drinks the water. Suddenly a snail comes. With his arrogance, Kancil says that the snail is only small and ugly animal. The Snail challenges Kancil to race. Kancil accepts it. In the morning Kancil and the snails race along the river. Helped by his friends, The Snail wins the race. Kancil feels sorry and asks forgiveness from the snail for his humiliation to the snail before. The Snail gives Kancil a living lesson. He asks Kancil to do “Tapa Ngrame”- to help others nomatter  they are … “  

(penulis: Anggara SW)

This entry was posted in cerita binatang, dongeng binatang, fabel, puppet, seni budaya, wayang kancil and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to Dongeng Wayang Kancil dengan cerita – “Kancil dan Siput” – “Kancil and The Snail in Racing”

  1. Ros says:

    Bagus sekali untuk murid murid yang belajar Bahasa Indonesia di luar RI

Leave a comment